Menu

Sejarah

DARI RUKO KE TANAH PERJANJIAN

Gereja Bethel Indonesia jemaat Ecclesia dirintis dan dikembangkan oleh anugerah Tuhan Yesus Kristus. Sejak pertama Gereja ini berdiri Tuhan sudah menyatakan kasih dan karuniaNya dengan mengirimkan jiwa-jiwa. Adalah Pdt. Hengky So dan Pdt. Silfani So diutus oleh Pdt.S.J Mesach untuk memulai penanaman gereja Ecclesia. Kebaktian perdana GBI Ecclesia diadakan pada tanggal 21 April 1996 bertempat di Ruko Perumahan Taman Semanan Indah Blok H No. 12A-14.

Kebaktian perdana ini dihadiri oleh ± 70 orang. Setelah itu, kebaktian rutin mulai diadakan setiap hari Minggu pukul 07.00 yang dihadiri oleh rata-rata 30 orang. Dari hari ke hari Tuhan terus menambahkan jiwa-jiwa baru sehingga kebaktian yang diadakan pada satu ruko terasa tidak memadai lagi untuk menampung jumlah anggota jemaat. Penambahan ruangan kebaktian dari satu ruko menjadi dua ruko mulai didoakan dan direncanakan.

Oleh anugerah dan kemurahan Tuhan maka renovasipun mulai dilaksanakan dan pada tanggal 21 April 1997 renovasi gedung selesai.

Tuhan terus menambahkan jiwa-jiwa sehingga pada bulan Mei 1998 kebaktian umum yang ke II mulai diadakan dengan jam kebaktian pada pukul 09.30 setiap hari Minggu. GBI Ecclesia berkembang dan bertumbuh terus. Pada akhir Mei 1998 tantangan datang dari warga bukan Kristen yang tinggal di luar kompleks Perumahan Taman Semanan Indah. Melalui surat mereka tertanggal 31 Mei 1999 mereka menyatakan keberatan dengan keberadaan GBI Ecclesia yang diadakan di ruko dan memberi waktu hanya 2 minggu untuk memindahkan tempat kebaktian disertai dengan ultimatum bahwa jika dalam waktu 2 minggu surat mereka tidak ditindaklanjuti maka mereka tidak bertanggung jawab terhadap apa yang akan terjadi. Mendapat surat resolusi tersebut, membuat kesatuan dan persatuan anggota jemaat dan tim Gembala Sidang bertambah kuat.

Roma 8:28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah

Dengan pertolongan Tuhan ternyata batas waktu 2 minggu bisa dilewati tanpa gangguan. Tetapi pada tanggal 16 Juni 1999, gereja mendapat panggilan dari Kantor Kelurahan untuk membicarakan masalah resolusi warga. Suasana pertemuan kurang menguntungkan sehingga dengan terpaksa gereja menyetujui perpanjangan waktu 1 bulan lagi untuk dapat menggunakan ruko sebagai tempat ibadah. Sampai akan berakhirnya batas waktu perpanjangan 1 bulan tersebut, ternyata gereja belum mendapatkan gedung pengganti. Dalam saat-saat yang kritis Gereja akhirnya mengirimkan surat kepada Walikota Madya Jakarta Barat untuk meminta petunjuk penyelesaiannya..

Tuhan itu baik. Oleh walikota, Gereja diberikan fasilitas sosial berupa sebidang tanah seluas 2154 m² di Perumahan Taman Semanan Indah Blok NA No.1 Cengkareng, Jakarta Barat. Dan diatas tanah itu ada gedung eks kantor Pemasaran TSI. Pada tanggal 08 Agustus 1999 diadakanlah kebaktian perdana di tempat yang baru dan sementara menggunakan Gedung eks Kantor Pemasaran TSI. Dalam perkembangannya GBI Ecclesia terus mengalami pertumbuhan. Jemaat terus bertambah sehingga gedung eks Kantor Pemasaran TSI sudah tidak memadai lagi. Itulah sebabnya dirasakan perlu untuk membangun gedung baru yang bisa menampung semua jemaat.

Pada tahun 2003 dimulailah pembangunan gedung gereja yang baru. Atas pertolongan Tuhan pada tahun 2004 pembangunan gedung gereja selesai dilaksanakan dan diresmikan penggunaannya oleh Walikotamadya Jakarta Barat, Bpk. Drs. Sarimun, M. Si. Pada tahun 2005 diadakan pentahbisan gedung gereja GBI Ecclesia oleh Ketua Umum Sinode Gereja Bethel Indonesia, Pdt. DR. Jacub Nahuway. Akhirnya sekarang kita mengetahui bahwa Tuhan bekerja melalui berbagai cara dan memakai orang-orang yang memiliki hati mulia untuk membangun Kerajaan-Nya di muka bumi ini. Hal ini jelas tertulis dalam surat Roma 8:28